Recipe: Making Rainbow Cake #1

Haloo semuanyaa ;) Udah lama nih ga posting lg ehehe, biasaa supeer sibuk :P Di liburan kyk gini enaknya ngabisin liburan dengan bikin kuee!! Nah pas hari minggu lalu, aku bikin rainbow cake :D Nih pictnya

My first cake
                       


 Kali ini aku mau ngasih resep + gambar tahap-tahap membuat kue ini, serius buatnya ga terlalu susah kok cuman perlu kesabaran ehehe, ini diaa resepnyaa check it out!! ;) 

Jadi sebelum aku buat kue ini, aku ngumpulin resep dari searching-searching di mbah google, aku ketemu resep tp ini dengan dikukus, resep ini dari Bunda Shaski ,dikukus ini punya beberapa kelebihan loh drpada dibaking, tekturnya lebih lembut, cepet (efisien), dan ga perlu misahin telur antar putih sama kuningnya :) Karena pingin cari sumber tambahan, aku nemu di facebook, resepnya dari bu salma (Salma Loyang), jadi rainbow cake ini aku modifikasi dari 2 resep, tp tetep sih dominannya resep dari Bunda Shaski ehehe.. Ini resepnya (Bunda Shaski) aku tulis ulang + tambahannya: 



Bahan A:

*6 butir telur ayam

*Gula 200 gram
*Ovalet 1/2 sdt
 Bahan B: 
(semua bahan dicampur, terus diayak yah)
*Vanili 1/2 sdt
*Garam 1 sdt
*Baking powder 1 sdt
*Terigu 125 gram
*Susu bubuk 5 sendok/6sendok (sesuai selera)
Bahan C:
*Minyak sayu 175 ml
 *White chocolate 120 gram (resep asli 100 gram, tp menurutku kurang kerasa coklatnya jadi aku tambahin 20 gram)--->dilelehkan yah

                                   


Ini bahan dan alatnya
                                     

Cara Buat:
 1. Kocok telur dan gula hingga putih atau setengah naik, masukkan ovalet (ingat sesuai takaran, karena kalo kebanyakan kuenya bisa bantet), kocok lagi kl aku sih pake kecepatan medium samapai mengembang kira-kira 25 menit-30 menitanlah ehehe mesti sabar yah ;)




Kocok telur sampai putih kyk gini lah 

2. Kalo udah kentel berjejak, masukkin campuran tepung terigu tadi dan aduk lagi (kl aku pake mixer dengan kecepatan rendah, yang penting kecampur semua)
3. Tuang campuran minyak dan coklat ke adonan, aduk rata.

                                  

Jadinya begini

4. bagi adonan ke 5 mangkuk dibagi rata, terus tetesin 5 warna: merah, orange, kuning, hijau, biru ke satu mangkuk 
                                


Warna merahnya keburu dikukus ehehehe

5. Kukus kue selama 10 menit (tes tusuk), kl kukusannya kecil mau g mau satu-satu ehehe :) tenang aku jg satu-satu kok, dan hasilnyaa



Taraaa!

6. Olesin perlayer cream cheese, oh ya ini resepnya kl buat sendiri:



-Keju parut 50 gram

-Susu cair 50 ml

-Butter 17 gram 
Didihkan diatas api kecil, sampai mendidih, angkat terus didinginkan. Didinginkannya di kulkas yah.. Jadi kl udah dingin dicampurkan dengan WhipCream 50 gram + air dingin dengan ukuran sisanya, dikocok hingga kaku pake keceptan tinggi yah.

7. Kalau krimnya masih kurang kocok lagi 50 gram WC + 100 ml air dingin.


*NB: 
- Sebelum dikukus, penutup panci harus dibungkus dengan kain, biar air uap ga netes ke kue, trus pastiin yah  kukusannya udah panas, baru dimasukkin adonan..
-Kalo tentang krim jd gini, perbandingan antara WC dengan air dingin adalah 1:2, jd kl wcnya 20 gram otomatis airnya harus 40 ml.
-Liat petunjuk 6, nah itu kan disuruh dicampurin air dingin sisanya, maksudnya kl capuran keju+susu cair+butter ngehasilin 20 ml, berarti air dingin yang mesti dicampurin 80 ml.



This is It!


Inside of My Cake ;)

Selamat mencoba ;) Mohon Kritik & Sarannya! Salam Inyi Minyi ^^ 




                                              




                                        
Sumber:

Comments

Post a Comment

Komen dong, jangan dibaca ajaa ehehe dan jangan lupa pakai emoticon di atas ini, supayaa lebih menjiwai wkwk *wuilah, ketik kode disamping, maaci^^

Popular Posts